PROFIL PUSDIKPOMAL

 

 

1.            SEJARAH SINGKAT PUSDIKPOMAL.

 

            Sejalan dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR)dibentuk pula BKR Laut yang selanjutnya berubah menjadi TKR Laut dan kemudian berkembang menjadi TRI Laut pada tanggal 24 Januari 1946. Pada tanggal 19 Juli 1946 TRI Laut dalam konferensi di Lawang berubah menjadi ALRI, yang didalamnya terdapat sebuah badan kepolisian dengan nama Polisi Tentara Laut (PTL) yang bertugas antara lain memelihara tata tertib dan disiplin anggota Angkatan Laut, menyelesaikan persengketaan antar anggota dan kesatuan serta tugas–tugas pengamanan dan Intelijen. Pada tahun 1948 seiring dengan reorganisasi dan rasionalisasi terjadi  penyempurnaan organisasi Polisi Militer Polisi Tentara (PT),Polisi Tentara Laut (PTL), Pengawas TNI (PTNI) disatukan, dan Polisi Militer Angkatan Darat sebagai intinya, sehingga lahirlah Corps Polisi Militer (CPM). Pada tahun 1966 Dinas Polisi Angkatan Laut berubah menjadi Polisi Militer TNI AL (POMAL) dengan keputusan menteri/Panglima Angkatan Laut pada tanggal 12 September 1966.

 

Pada tahun 1971 dalam rangka realisasi fisik penyesuaian organisasi Polisi Militer pada Angkatan Bersenjata dan Polri, Menhankam mengeluarkan Instruksi no.a/5/X/1971 tanggal 19 Oktober 1971 tentang  tugas Polisi Militer Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (POM ABRI) dan Provos Angkatan/Polri.

 

Sejalan perkembangan Institusi/lembaga Pendidikan TNI AL, Pusdikpomal didirikan pada tanggal 24 Oktober 2007, di dahului dengan perubahan nama Kodikal (Komando Pendidikan TNI AL) menjadi Kobangdikal (Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL) pada tanggal 12 Mei tahun 2007, berubah pula Organisasi dan Prosedur, daftar susunan personel dan lahirnya satker baru seperti Pusdiklapa Kodikopsla, Pusdikintelmar Kodikopsla, Pusdikif Kodikmar, Pusdikkav Kodikmar, Pusat Pendidikan Polisi Militer TNI AL (Pusdikpomal) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum). Pusdikpomal (Pusat Pendidkan Polisi Militer TNI AL) lahir karena kebutuhan organisasi TNI AL akan adanya lembaga pendidikan yang mempunyai konsisten secara berkesinambungan menyiapkan regenerasi, pendidikan dasar dan spesialisasi bidang Polisi Militer di lingkungan TNI AL.

 

Sejarah berdirinya Pusdikpomal diawali dengan berdirinya Pusdikbanmin (Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi) yang didalamnya terdapat Sekolah Fungsi Khas (Sefungkhas). Sekolah Fungsi Khas Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi mendidik Prajurit TNI AL menjadi Prajurit yang mempunyai spesialisasi bidang Musik, Hukum, Jasmani, Kesehatan dan Provost ( yang kemudian menjadi Polisi Militer).

 

Dengan adanya perkembangan dinamika Organisasi dan tuntutan tugas dan tanggungjawab yang tidak semakin ringan maka pada tanggal 08 Mei 2006 berdirilah Sepomal (Sekolah  Polisi Militer) Pusdikbanmin, sedangkan spesialisasi bidang kesehatan berubah menjadi Pusdikkes (Pusat Pendidikan Kesehatan). Perkembangan berlanjut hingga ditetapkannya pada tanggal 24 Oktober 2007 Sepomal Pusdikbanmin berubah menjadi Pusdikpomal (Pusat Pendidikan Polisi Militer TNI AL).

 

Dengan DSP (Daftar Susunan Personel) Pusdikpomal disahkan melalui Surat Keputusan Kapala Staf TNI AL Nomor. Skep/1262/X/2007 tanggal 24 Oktober 2007 terdiri dari Perwira 28 orang, Bintara 61 orang, Tamtama 2 orang dan PNS 11 orang. Namun pada awal berdirinya Pusdikpomal dibawah Komandan Letkol Laut (PM) Zulkifli Mahmud NRP 9253/P dengan anggota Perwira 13 orang, Bintara 25 orang, Tamtama 6 orang dan PNS 2 orang, sampai dengan akhir tahun 2008. Pada tahun kedua berdirinya Pusdikpomal, baru  mempunyai satu gedung yaitu Gedung Muria eks Gedung Sekolah Musik, telah dipercaya menyelenggarakan Pendidikan Kursus Gabungan POM TNI prodik Hartib dan Prodik Lidpam strata Perwira dan Bintara.  

 

Pada tanggal 21 Oktober 2009 diserah terimakan jabatan Komandan Pusdikpomal kepada Letkol Laut (PM) Drs. Harimurti NRP. 12024/P dari Kolonel Laut (PM) Zulkifli Mahmud NRP 9253/P dengan kondisi personel yang semakin bertambah serta peralatan penunjang kegiatan dan fasilitas yang semakin meningkat antara lain dengan bertambahnya gedung untuk Pusdikpomal yaitu Gedung Lawu yang sebelumnya digunakan sebagai Mess Antap Bintara dan Tamtama Kobangdikal. Dengan kemajuan tersebut Pusdikpomal masih dipercaya melaksanakan kegiatan pendidikan prodik Suspom TNI, baik Suspahartib, Susbahartib maupun Suspalidpam, Susbalidpam POM TNI tahun 2009 dan tahun 2010.

 

Pada tanggal 19 Oktober 2011 diserah terimakan jabatan Komandan Pusdikpomal Kepada Letkol Laut (PM) Syahril Bakri, S.H, M.A.P. NRP 10194/P dari Kolonel Laut (PM) Drs. Harimurti NRP 12024/P dengan keadaan yang jauh lebih meningkat dengan bertambahnya fasilitas baik Alins (Alat Instruksi), Alongins (Alat Penolong Instruksi), PI (Paket Instruksi), dan fasilitas lain seperti bertambahnya gedung untuk Pusdikpomal yaitu Gedung Alins Alongins, Lapangan Apel dan Lintasan Lari, peralatan Pull Up dan lain sebagainya, serta penambahan personel dalam rangka pemenuhan DSP Pusdikpomal. Sampai saat ini Pusdikpomal dapat menyelenggarakan Prodik TNI AL antara lain Pendidikan Pertama Polisi Militer, Pendidikan Regular Polisi Militer, Suspomal, Sushartib, Sus Idik, Suslidkrimpamfik dan juga Prodik Mabes TNI berupa Suspom TNI untuk strata Perwira dan Bintara dengan baik dan lancar. 

 

2.            KEDUDUKAN.

 

Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Laut, Komando Pendidikan Dukungan Umum, Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL, adalah unsur Pelaksana dan Pembinaan di tingkat Komando Pelaksana Kodikdukum Kobangdikal.

 

 

 

 

 

3.            TUGAS POKOK.

 

Dasar : Pasal 38, Perkasal/44/VII/2008 tanggal 02 Juli 2008 tentang Pokok-pokok Organisasi Dan Prosedur Komando Pengembangan Dan Pendidikan TNI Angkatan Laut, menjelaskan sebagai berikut :

A.         Pusdikpomal Kodikdukum adalah unsur pelaksana pembinaan ditingkat komando pelaksana kodikdukum kobangdikal yang bertugas membantu Dankodikdukum Kobangdikal dalam mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan sekolah-sekolah dipusdikpomal kodikdukum dalam melaksanakan fungsi dan pembinaan pendidikan kepolisian militer serta membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya.

B.         Dalam melaksanakan tugas tersebut pada subpasal a pasal 38 diatas, Pusdikpomal Kodikdukum menyelenggarakan tugas dan kewajiban sebagai berikut:

            1)         Melaksanakan Pendidikan kepolisian militer pada strata perwira, bintara dan tamtama termasuk penentuan sarana dan prasarana.

2)         Menyusun, menyiapkan rencana dan program kegiatan pendidikan untuk sekolah – sekolah di Pusdikpomal.

3)         Menetapkan peraturan dibidang pembinaan penyelenggaraan pendidikan dan peraturan lain yang berkaitan dengan tugas dan lingkup pusdikpomal.

4)         Melaksanakan kegiatan kursus, latihan keterampilan dan penataran untuk menunjang kelancaran pelaksanaan fungsi yang diemban oleh pusdikpomal.

5)         Melaksanakan kegiatan dan pembinaan sepuluh komponen pendidikan dalam proses belajar mengajar.

6)         Melaksanakan pembinaan kekuatan pusdikpomal guna terselenggaranya fungsi-fungsi kodikdukum kobangdikal.

7)         Melaksanakan fungsi kesekretariatan pusdikpomal.

8)         Mengawasi, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan program pusdikpomal guna menjamin pencapaian sasaran pendidikan secara berhasil guna dan berdaya guna, serta melaporkan kepada Dankodikdukum kobangdikal.

9)         Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan unsur-unsur didalam maupun diluar pusdikpomal untuk kepentingan pelaksanaan tugas pokoknya sesuai dengan tingkat dan lingkup wewenangnya.

10)       Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Dankodikdukum Kobangdikal mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

 

 

 

4.            FUNGSI.

 

a.            Menjabarkan kebijakan Dankodikdukum di bidang pelaksanaaan pendidikan kepolisian militer termasuk sarana dan prasarananya.

 

b.            Menetapkan rencana program kerja dan anggaran Pusdikpomal serta membuat dan mengajukan rencana kebutuhan anggaran pelaksanaan operasi pendidikan berdasarkan prokera Kobangdikal.

 

c.            Melaksanakan kegiatan dan pembinaan 10 komponen pendidikan dalam proses belajar mengajar.

 

d.            Menetapkan petunjuk–petunjuk dibidang pembinaan pendidikan kepolisian militer serta dengan petunjuk–petunjuk lain sesuai lingkup tugas dan tanggungjawabnya.

 

e.            Menyelenggarakan kegiatan pendidikan pertama, pembentukan dan spesialisasi bidang kepolisian militer baik pendidikan, kursus dan latihan dalam dinas kepolisian militer di tingkat Perwira, Bintara dan Tamtama.

 

f.             Memimpin dan membina Pusdikpomal Kobangdikal untuk terselenggaranya pendidikan di Pusdikpomal Prodik POM TNI AL maupun POM TNI dengan baik, terencana, sesuai perintah dan arahan, serta melaporkannya ke Dankodikdukum.

 

g.            Menjamin terselenggaranya  fungsi teknis bidang pembinaan Orgapros di lingkungan Pusdikpomal Kodikdukum, Kobangdikal.

 

h.            Melaksanakan pembinaan kekuatan Pusdikpomal guna terselenggaranya fungsi–fungsi Kodikdukum.

 

i.              Melaksanakan fungsi Kesekretariatan Pusdikpomal.

 

j.              Mengawasi, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan prodik di Pusdikpomal guna menjamin tercapainya sasaran pendidikan secara berhasil guna dan berdaya guna serta melaporkan kepada Dankodikdukum Kobangdikal

 

k.            Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan unsur–unsur di dalam maupun di luar Pusdikpomal untuk kepentingan tugas pokoknya sesuai tingkat dan lingkup kewenangan.

 

l.              Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Dankodikdukum Kobangdikal mengenai hal–hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

 

 

5.            SARANA DAN PRASARANA

 

Pusdikpomal memiliki tiga buah gedung antara lain Gedung Muria, Gedung Lawu dan gedung Alins, serta prasarana antara lain Lapangan Apel, Kelas setiap prodik, lintasan lari, peralatan Pull Up, Ruang Serba Guna (Ruang Rapat, Karaoke dan Perpustakaan), Lapangan parkir, kolam dan taman produktif.

 

6.            VISI DAN MISI

 

a.            V i s i             

           

Pusdikpomal siap  mencetak Prajurit Matra Laut yang Bermoral, Profesional dan Berani serta  menguasai teknologi bidang Kepolisian Militer, sehingga mampu mengawaki postur TNI AL yang Besar, Kuat, Profesional dan Modern.s

 

b.         M i s i

 

1)         Mewujudkan Pusdikpomal menjadi tempat Pendidikan Bidang Kepolisian Militer yang siap pakai.

2)         Mewujudkan Pusdikpomal sebagai tempat Kawah Candradimuka dalam menghasilkan prajurit profesional bidang kepolisian militer  yang siap pakai.

3)         Mewujudkan Pusdikpomal menjadi Pusat Pengembangan, Pemikiran dalam bidang Kepolisian Militer.

4)         Menjadikan Pusdikpomal sebagai Pusat Pemicu dan Pemacu pemikiran inovatif bidang Kepolisian Militer.